Blog Langganan – Portal Informasi Belanja Bulanan dan Gaya Hidup

pexels-negative-space-132730

7 Tips Puasa Simple, Cocok untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ramadhan akan segera tiba, sehingga kamu perlu bersiap-siap untuk menjalankan ibadah puasa yang sering dianggap melelahkan. Supaya puasa tidak terasa, ada beberapa tips puasa simpel yang cocok untuk ibu hamil dan menyusui.

Deretan tips ini dijamin bikin ibu-ibu tetap fit selama bulan Ramadhan. Penasaran dengan berbagai langkah mudahnya? Langsung saja simak kumpulan tipsnya berikut ini yang dijamin tidak menyulitkanmu kala puasa tiba.

Pastikan Cairan Tubuh Cukup

pastikan cairan tubuh cukup
Source: pexels.com

Tips puasa untuk ibu hamil pertama adalah dengan memastikan cairan tubuh tetap cukup saat puasa nanti. Langkah ini perlu kamu lakukan karena waktu untuk minum yang terbatas.

Tips satu ini dapat dijalankan secara efektif saat buka puasa dan sahur. Pastikan minum air yang banyak pada momen-momen tersebut supaya lebih siap untuk menjalankan puasa dan terlihat lebih segar setiap saat.

Olahraga Teratur

tips puasa untuk ibu hamil olahraga teratur
Source: pexels.com

Tips puasa untuk ibu hamil selanjutnya yang bisa dilakukan dengan mudah adalah tetap menjalankan olahraga secara teratur. Ragam olahraga tersebut penting sekali untuk membuat tubuh lebih fit kala menjalani puasa.

Banyak pilihan olahraga yang dapat dipilih di antaranya senam kecil sampai yoga. Walau bisa dilakukan kapan saja, kegiatan ini dianjurkan untuk dijalankan sore hari supaya tidak jauh-jauh dari waktu berbuka puasa.

Hindari Makanan Pedas dan Berlemak

hindari makanan pedas dan berlemak
Source: pexels.com

Menikmati makanan penuh lemak dan pedas memang disukai oleh berbagai orang, tak terkecuali bagi ibu hamil. Akan tetapi, ragam makanan tersebutlah yang perlu dihindari oleh ibu, terutama bagi yang sedang mengandung buah hati.

Tips puasa untuk ibu hamil tersebut muncul karena makanan pedas berpotensi untuk memberikan pengaruh buruk pada lambung, seperti menyebabkan asam lambung sampai morning sickness. Di samping itu makanan berlemak juga kurang baik karena menjadikan lemak tertimbun yang tidak terlalu menyehatkan tubuh.

Jangan Sampai Kepanasan

tips puasa untuk ibu hamil jangan sampai kepanasan
Source: pexels.com

Ketika sedang puasa, tubuh cenderung menjadi lebih rentan terkena dehidrasi. Untuk mengatasinya, sebisa mungkin untuk tidak kepanasan apabila masih menjalankan ibadah puasa.

Tips puasa untuk ibu hamil tersebut berguna supaya kamu tetap kuat, apalagi jika lebih lama menghabiskan waktu di tempat yang super sejuk. Dengan begini, tidak perlu khawatir lagi dengan risiko dehidrasi yang melanda kala berpuasa.

Supaya tubuh lebih kuat, coba sajikan berbagai hidangan sahur dan berbuka puasa yang menyehatkan. Untuk mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan dengan mudah, pesan saja melalui Langganan.co.id yang bisa diakses oleh pengguna Android dan iOS. Pesan bahannya via aplikasi dan bayar lewat transfer bank, setelah itu tunggu saja pesananmu diantar sampai ke rumah. Mudah banget kan? Langsung aja download aplikasinya melalui link ini.

Istirahat yang Cukup

istirahat yang cukup
Source: pexels.com

Selain untuk ibu hamil, ada pula beberapa tips puasa untuk ibu menyusui yang dapat kamu lakukan. Hal pertama yang penting banget adalah dengan melakukan istirahat yang cukup ketika menjalankan ibadah puasa.

Ketika kamu melakukan istirahat yang cukup, tubuh dijamin lebih segar tanpa khawatir menjadi lemas. Tidak hanya itu, beristirahat dengan cukup juga dipercaya untuk membuat produksi ASI lebih lancar, cocok deh buat ibu yang masih menyusui buah hati.

Menyusui Secara Maksimal di Malam Hari

tips puasa untuk ibu menyusui maksimal di malam hari
Source: pexels.com

Ketika sedang berpuasa, kamu tidak bisa menyusui lebih leluasa. Oleh karena itu, tips untuk ibu menyusui berikutnya adalah dengan memberikan ASI secara maksimal di malam hari atau setelah waktu berbuka tiba.

Malam hari dianggap sebagai waktu yang tepat bagi ibu menyusui, terutama ketika buah hati ingin disusui. Apabila tidak terbiasa menyusui, bisa juga dengan memompa ASI yang jauh lebih efektif untuk dilakukan kala malam tiba, sehingga stok ASI tersebut bisa dipakai saat siang hari nanti.

Konsumsi Makanan yang Mampu Lancarkan ASI

konsumsi makanan yang mampu lancarkan asi
Source: pexels.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dehidrasi adalah risiko yang akan muncul ketika menjalankan ibadah puasa, terutama bagi ibu menyusui. Untuk itu, coba konsumsi makanan yang mampu lancarkan ASI demi mencegah risiko tersebut sebagai salah satu tips puasa untuk ibu menyusui.

Ada beragam bahan yang dapat kamu konsumsi untuk memperlancar aliran ASI, seperti pepaya, semangka, jambu air, dan kecambah. Konsumsi pula berbagai sayur dan buah lain supaya asupan nutrisi tubuh tetap terjaga ketika berpuasa.

Deretan tips puasa di atas dapat kamu coba supaya tubuh tetap fit sampai waktu berbuka tiba. Jalankan langkah-langkah tersebut secara rutin demi puasa yang lebih fun.

Ingin tubuh lebih bugar saat puasa? Siapkan menu sahur sehat dan beli bahan-bahannya melalui Langganan.co.id yang tersedia pada perangkat berbasis Android dan iOS. Pesan bahannya via aplikasi dan bayar lewat transfer bank, kamu tinggal tunggu aja pesananmu sampai ke rumah. Kalau mau langsung pesan, download aplikasinya melalui link ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Resep Baru
Galih Pratama

5 Kreasi Sahur Indomie, Praktis Lezat dalam 10 Menit

Untuk mendapatkan tenaga tambahan saat puasa, menjalani sahur perlu banget buat moms dan keluarga. Selain buah dan sayuran, ada bermacam-macam produk Indomie yang bisa dibuat di rumah. Jika moms ingin yang unik, coba saja beberapa kreasi sahur Indomie berikut. Dengan banyaknya varian dari Indomie, moms bisa menjadikannya sebagai menu sahur yang super unik. Tidak hanya

Read More »
Gaya Hidup
Galih Pratama

7 Makanan Ringan Berbuka Puasa Enak Tidak Bikin Kenyang

Setelah menjalani puasa seharian penuh, maka berbuka puasa adalah waktu yang tepat untuk kamu balas dendam. Waktu tersebutlah yang membuatmu dapat merasakan nikmatnya makan dan minum dengan bebas. Supaya tidak terlalu kenyang saat momen berbuka tiba, ada beberapa makanan ringan berbuka puasa yang bisa kamu santap, baik sendirian atau bersama keluarga di rumah. Deretan makanan

Read More »
Gaya Hidup
Galih Pratama

7 Film Islami Indonesia, Cocok Temani Ngabuburit di Rumah

Selama menjalani puasa, melakukan ngabuburit menjelang waktu berbuka adalah kegiatan yang dapat hilangkan rasa bosanmu. Banyak opsi kegiatan yang bisa kamu pilih, salah satunya dengan menonton deretan film menarik favoritmu. Apabila ingin menikmati tontonan yang lebih sesuai dengan vibe Ramadhan, ada berbagai film islami Indonesia yang dapat kamu saksikan. Rangkaian film Indonesia tersebut mengangkat berbagai

Read More »

Yuk Lanjutkan Belanja Harian, Mingguan, Bulanan di Langganan.co.id!
#BelanjaTenang #PakaiLangganan!

Scroll to Top