Blog Langganan – Portal Informasi Belanja Bulanan dan Gaya Hidup

pexels-magda-ehlers-1300972

7 Cara Menyimpan Sayuran Tanpa Kulkas, Tetap Segar Saat Diolah

Sayuran adalah salah satu bahan makanan yang perlu disimpan di tempat sejuk supaya kondisinya tetap segar. Oleh karena itu, banyak orang memutuskan untuk membeli kulkas hanya sekadar untuk menyimpan sayuran yang telah didapatkan. Namun, apa jadinya bila kamu tidak memiliki kulkas dan belum mampu membelinya? Tenang, ada beragam cara menyimpan sayuran tanpa kulkas yang dapat dilakukan sedari dini.

Tanpa menggunakan kulkas, kamu bisa tetap menyimpan sayuran dan menjadikannya dalam kualitas terbaik. Jadi, tidak perlu khawatir akan sayur yang perlahan membusuk karena tidak diletakkan dalam kulkas. Ingin langsung mencobanya? Ikuti tips-tipsnya berikut ini.

Pilih Sayuran Sebelum Disimpan

cara menyimpan sayuran tanpa kulkas pilih sayuran sebelum disimpan
Source: pexels.com

Cara menyimpan sayuran tanpa kulkas pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memilah sayuran terlebih dahulu. Proses ini dilakukan sebelum sayuran bisa kamu simpan dengan baik.

Untuk melakukan cara ini juga tergolong mudah, karena kamu hanya perlu menyortir sayuran berdasarkan jenisnya. Dengan begini, jadi lebih mudah untuk mengolah sayur nantinya tanpa harus bergantung pada kulkas.

Cuci Sayuran Sampai Bersih

cuci sampai bersih
Source: pexels.com

Berbagai bahan makanan segar yang kamu beli tentunya perlu dicuci kembali supaya tetap higienis. Untuk itu, mencuci sayuran sampai bersih dapat kamu lakukan dalam rangkaian cara menyimpan sayuran tanpa kulkas.

Mudah sekali, cuci saja sayuran yang telah kamu beli pada air yang mengalir. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel pada sayuran dan gunakan air yang bersih supaya proses tersebut lebih sukses.

Baca juga: 7 Manfaat Jamur Yang Perlu Kamu Tahu, Bakal Bikin Tubuh Lebih Sehat

Jangan Lupa Keringkan Sayuran

cara menyimpan sayuran tanpa kulkas keringkan sayur
Source: driedfoodfreeze.com

Setelah dicuci, harusnya sayur terkait juga perlu dikeringkan sebelum disimpan. Oleh karenanya, mengeringkan sayuran setelah dicuci sampai bersih adalah cara menyimpan sayuran tanpa kulkas berikutnya yang perlu kamu lakukan.

Proses pengeringan sayur ini ditujukan supaya bahan makanan tersebut tetap awet meski tidak dimasukkan dalam kulkas. Pastikan pula sayuran yang kamu keringkan sudah dalam kondisi yang benar-benar kering supaya lebih siap untuk disimpan.

Pakai Tisu

pakai tisu untuk simpan sayur
Source: pexels.com

Tisu sendiri merupakan benda yang memiliki beragam fungsi. Selain sebagai pembersih bermacam-macam hal, kamu juga bisa menggunakannya dalam salah satu cara menyimpan sayuran tanpa kulkas ini.

Tisu dapat kamu pakai sebagai pembungkus yang menjaga sayuran tetap segar walau tidak ditempatkan dalam kulkas. Usahakan tisu tetap dalam keadaan kering, dan jika tisu sudah mulai basah, segera ganti dengan tisu yang baru supaya kesegaran sayur tetap terjaga dan lebih awet.

Kamu ingin membeli sayuran segar tapi masih takut untuk melakukan transaksi di pasar atau supermarket? Tak usah khawatir, sekarang bisa pesan sayurnya via Langganan.co.id yang berikan harga terjangkau dan dapat diantar pula sampai ke rumahmu. Ingin segera mencoba pesan sayur pilihanmu? Download aplikasinya langsung melalui link ini.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Pepaya Penting Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Gunakan Pula Plastik

cara menyimpan sayuran tanpa kulkas gunakan plastik
Source: pexels.com

Masih ada beragam cara menyimpan sayuran tanpa kulkas lainnya yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Salah satunya yakni dengan menggunakan media plastik yang sangat mudah untuk ditemui saat ini.

Plastik ini dapat kamu pakai untuk membungkus sayuran apabila sudah dikeringkan, sekaligus bisa jadi alternatif tisu yang cenderung lebih boros. Setelah itu, letakkan sayur yang dibungkus plastik di berbagai tempat yang sejuk, tidak harus kulkas. Cocok sekali untuk membuat sayur milikmu tetap awet.

Di samping itu, plastik juga perlu kamu lubangi bila ingin menggunakannya sebagai pembungkus sayur. Hal ini perlu kamu lakukan supaya sayur dapat menerima udara segar yang menjamin keawetannya.

Pisahkan Tempat Sayuran

pisahkan tempat sayuran
Source: pexels.com

Sayur sendiri memiliki berbagai macam jenis. OIeh sebab itu, cara menyimpan sayuran tanpa kulkas selanjutnya adalah dengan memisahkan tempat sayuran yang akan kamu simpan di rumah.

Apabila sayuran dipisah, sayur cenderung akan jauh lebih awet karena tidak terusik oleh sayur yang jenisnya berbeda. Tidak hanya itu, memisahkan sayuran juga akan mempermudah proses pengolahan sayur di kemudian hari.

Baca juga: 5 Tips Memasak Ayam Rumahan, Enaknya Bikin Nambah Terus

Periksa Secara Berkala

cara menyimpan sayuran tanpa kulkas periksa secara berkala
Source: jpnn.com

Apabila deretan langkah di atas sudah kamu lakukan, cara simpan sayuran tanpa kulkas terakhir yang dapat diterapkan adalah dengan melakukan pemeriksaan sayuran secara berkala. Seperti namanya, kegiatan ini perlu dilakukan supaya kamu bisa memantau kondisi dari sayuran yang kamu simpan tersebut.

Jika sayur tampaknya masih segar namun wadahnya mulai basah, coba ganti wadah dari sayur tersebut. Namun, bila sayur sudah terlihat membusuk, langsung saja pisahkan dan buang sayur tersebut karena sudah tidak layak dikonsumsi.

Itulah kumpulan tips menyimpan sayur tanpa kulkas. Langkah-langkah mudah tersebut dapat memiliki efek ampuh demi menjaga kesegaran sayur walau tidak disimpan dalam kulkas. Cocok lah untuk kamu yang ingin sekalian menghemat listrik dan space di dalam rumah.

Ada berbagai sayur yang bisa kamu dapatkan saat ini, baik di pasar maupun supermarket terdekat. Namun, bila kamu tidak sempat mengunjungi keduanya, coba pesan melalui Langganan.co.id yang bisa diakses melalui perangkat iOS dan Android. Pesan sayurannya via aplikasi dan bayar lewat transfer bank, setelah itu tunggu deh sayur pesananmu diantar sampai ke rumah. Tunggu apa lagi, download aplikasinya langsung melalui link ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Resep Baru
Galih Pratama

5 Kreasi Sahur Indomie, Praktis Lezat dalam 10 Menit

Untuk mendapatkan tenaga tambahan saat puasa, menjalani sahur perlu banget buat moms dan keluarga. Selain buah dan sayuran, ada bermacam-macam produk Indomie yang bisa dibuat di rumah. Jika moms ingin yang unik, coba saja beberapa kreasi sahur Indomie berikut. Dengan banyaknya varian dari Indomie, moms bisa menjadikannya sebagai menu sahur yang super unik. Tidak hanya

Read More »
Gaya Hidup
Galih Pratama

7 Makanan Ringan Berbuka Puasa Enak Tidak Bikin Kenyang

Setelah menjalani puasa seharian penuh, maka berbuka puasa adalah waktu yang tepat untuk kamu balas dendam. Waktu tersebutlah yang membuatmu dapat merasakan nikmatnya makan dan minum dengan bebas. Supaya tidak terlalu kenyang saat momen berbuka tiba, ada beberapa makanan ringan berbuka puasa yang bisa kamu santap, baik sendirian atau bersama keluarga di rumah. Deretan makanan

Read More »
Gaya Hidup
Galih Pratama

7 Film Islami Indonesia, Cocok Temani Ngabuburit di Rumah

Selama menjalani puasa, melakukan ngabuburit menjelang waktu berbuka adalah kegiatan yang dapat hilangkan rasa bosanmu. Banyak opsi kegiatan yang bisa kamu pilih, salah satunya dengan menonton deretan film menarik favoritmu. Apabila ingin menikmati tontonan yang lebih sesuai dengan vibe Ramadhan, ada berbagai film islami Indonesia yang dapat kamu saksikan. Rangkaian film Indonesia tersebut mengangkat berbagai

Read More »

Yuk Lanjutkan Belanja Harian, Mingguan, Bulanan di Langganan.co.id!
#BelanjaTenang #PakaiLangganan!

Scroll to Top